Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung mungkin menjadi salah satu pilihan warga Bandung yang sedang mengalami kedukaan misalnya saja ada anggota keluarganya yang meninggal.

 

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung merupakan TPU Muslim yang tertua di kota Bandung yang sudah digunakan sejak tahun 1920, lurang lebih 99 tahun di tahun 2019 ini.

 

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung lokasinya nyaris berdampingan dengan TPU Pandu. Dari pertokoan Istana Plaza, jarak ke jalan masuk TPU Sirna Raga ini sekitar 500 meter. TPU Sirna Raga ini dapat diakses melalui beberapa jalan.

Di TPU tertua ini sudah terdapat sekitar 60.000 makam yang tersebar ke dalam 12 blok, dan hampir semuanya terisi penuh. Padatnya Sirna Raga juga membuat pihak TPU mulai menerapkan sistem makam tumpang tindih bagi jenazah yang memiliki hubungan kekerabatan.

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung memang sangat diminati oleh penduduk Bandung. Hingga kini rata-rata ada 100 jenazah yang dimakamkan di TPU ini per bulannya. TPU ini terletak di Jln. Pajajaran No. 102, Cicendo, Bandung.

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung

Fungsi tanah pemakaman pun telah berubah, hal ini tidak berlaku pada pemakaman Kelas I yang (masih) begitu rimbun, rapi, dan asri. Perubahan ini saya dapati di pemakaman yang berhimpitan dengan pemukiman warga.

Tanah yang seharusnya diperuntukkan untukpemakaman telah beralih fungsi. Entah bagaimana perizinannya, di atas kuburan No Name telah berdiri dengan gagahnya bangunan warnet berlantai dua lengkap dengan spanduk besar yang terpampang.

Lagi-lagi citra pemakaman yang menyeramkan runtuh dengan dibangunnya warnet ini. Dahulu, untuk melewati kuburan saja mesti beramai-ramai dan ketika melangkah pun harus dijaga agar tidak sampai menginjak makam. Yang terjadi hari ini anak-anak tak lagi takut bermain di kuburan, bahkan mereka berani bermain game online di atas kuburan.

Alih fungsi pemakaman ini tidak hanya terjadi pada satu makam No Name yang saya hapal letaknya. Namun juga beberapa makam di pinggir jalan, yang mungkin sudah tak dikunjungi sanak saudara atau tidak pernah dibayarkan pajaknya ke dinas pemakaman setempat.

Mirisnya, makam-makam tak terurus ini bukannya dialihfungsikan menjadi makam baru, tapi malah tumpang tindih dengan tempat tinggal manusia yang masih hidup, bahkan tak jarang bertumpuk dengan kandang ternak. Akhirnya, pemukiman dan pemakaman saling berebut lahan demi mempertahankan eksistensi mereka (pernah dan masih hidup) di dunia.

 

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung. Bagi warga Bandung yang mengalami kedukaan, alternatif lainnya bisa memiliki makam di Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden yang terletak di Karawang Timur. Dari Bandung bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Banyak warga Bandung yang dikuburkan di Al-Azhar Memorial Garden.

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung

Selain itu, ada juga yang melakukan pemindahan dari Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung ke Al-Azhar Memorial Garden karena di TPU tersebut sudah penuh dan bertumpuk-tumpuk dan juga mereka tidak nyaman berziarah disana.

 

Baca Juga: Alasan kenapa memilih al-azhar memorial garden

 

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung

Silakan bagi Anda yang ingin survey ke Al-Azhar Memorial Garden, Anda dapat menghubungi Official Marketing kami di 0856-853-4029 agar ketika survey ada marketing kami yang menjelaskan lokasi mana yang kosong dan sesuai kebutuhan atau jika ingin mendapatkan informasi terlbih dahulu bisa juga melalui chat dengan klik banner dibawah ini:

Tanah Pemakaman Sirna Raga di Bandung

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: